Link Terkait
PERHUBUNGAN DARAT

Bidang Perhubungan Darat

Pegawai Bidang Perhubungan Darat Berjumlah :

  • Pegawai Negeri Sipil (PNS) = 26 orang. 
  • Pegawai Honorer sebanyak = 39 orang.
  • Total pegawai bagian Darat = 65 orang  

Berdasarkan Peraturan Walikota Tanjungpinang Nomor 8 Tahun 2009, Bidang Perhubungan Darat Kota Tanjungpinang mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dibidang Perhubungan Darat

Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana seperti pernyataan diatas, Bidang Perhubungan Darat mempunyai fungsi :

  1. Pelaksanaan pembinaan pengawasan dan pengendalian penyelenggaraan manajemen dan rekayasa lalu lintas kota.
  2. Pelaksanaan pembinaan pengawasan dan pengendalian penyelenggaraan pelayanan angkutan di Kota.
  3. Pelaksanaan pembinaan pengawasan dan pengendalian penyelenggaraan keselamatan, Penyediaan sarana dan prasaran lalu lintas di kota.
  4. Penyiapan dan penyampaian laporan kegiatan dibidang tugasnya.
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

Bidang Perhubungan Darat, membawahi :

  • Seksi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas

Seksi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas dipimpin oleh seorang Kepala Seksi. Tugas pokok Seksi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas melaksanakan sebagian tugas bidang Perhubungan Darat dibidang manajemen dan rekayasa lalu lintas.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, seksi Seksi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas menyelenggarakan fungsi :

    1. Penyelenggaraan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas dalam Kota.
    2. Penyiapan penyususnan dan menganalisa Rencana Umum Jaringan Transportasi Jalan (RUJTJ) dalam Kota.
    3. Pelaksanaan pengaturan dan pengendalian lalu lintas.
    4. Pelaksanaan analisis dampak lalu lintas dalam Wilaya Kota.
    5. Penyiapan penyusunan kelas pada jaringan jalan kota.
    6. Penyiapan penyusunan penentuan lokasi, pengadaan, pemasangan, pemeliharaan dan penghapusan rambu lalu lintas, marka jalan, dan alat pemberi isyarat lalu lintas, alat  pengendali dan pengamanan pemakai jalan, serta fasilitas pendukung dijalan kota.
    7. Penyiapan penyusunan penentuan lokasi fasilitas parkir untuk umum.
    8. Penyiapan perencanaan kebutuhan, pemeliharaan dan penyelenggaraan perpakiran.
    9. Penyiapan perencanaan potensi parkir dan menganalisa penyelenggaraan parkir diluar badan jalan / lokasi parkir milik badan usaha atau perorangan.
    10. Penyiapan dan penyampaian laporan kegiatan dibidang tugasnya.
    11. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

 

  • Seksi Angkutan

Seksi Angkutan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi. Tugas pokok Seksi Angkutan melaksanakan sebagian tugas Bidang Perhubungan Darat dibidang angkutan dan terminal. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, seksi Seksi Angkutan menyelenggarakan fungsi :

    1. Penyiapan bahan untuk perencanaan trayek dan jaringan lintas serta pelayanan jasa angkutan jalan.
    2. Penyiapan penyusunan jaringan trayek dan menganalisa jumlah kendaraan untuk kebutuhan angkutan serta jaringan lintas yang wilayah pelayanannya dalam kota.
    3. Pelaksanaan proses pemberian Izin Usaha Angkutan Orang, Barang dan Kendaraan Derek.
    4. Pelaksanaan proses pemberian rekomendasi operasi Angkutan Sewa dan Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP).
    5. Pelaksanaan proses pemberian izin trayek atau izin operasi angkutan kota, angkutan taksi, angkutan sewa, angkutan antar jemput, angkutan karyawan, angkutan pemandu moda dan angkutan lingkungan.
    6. Pelaksanaan proses pemberian izin operasi angkutan barang yang melayani wilayah kota.
    7. Pelaksanaan porses pemberian izin insidentil angkutan orang dan izin penggunaan jalan diluar kelas jalan yang ditetapkan.
    8. Pelaksanaan penyiapan pemberian kartu pengawasan untuk mobil barang, mobil penumpang dan mobil bus.
    9. Pelaksanaan penyiapan pemberian izin angkut orang dengan mobil barang setelah       mendapat rekomendasi dari seksi keselematan teknik sarana dan prasarana.
    10. Pelaksanaan proses pemberian izin usaha mendirikan pendidikan dan latihan mengemudi.
    11. Pelaksanaan analisis perhitungan tarif penumpang angkutan dalam kota.
    12. Pelaksanaan proses penertiban Sertifikasi Pengemudi Angkutan Umum (SPAU).
    13. Pelaksanaan proses pemberian izin penggunaan jalan selain untuk kepentingan lalu lintas falam wilayah kota.
    14. Pelaksanaan analisis lintas penyebrangan kendaraan-kendaraan proyek / alat berat dalam wilayah kota.
    15. Pelaksanaan penyiapan perencanaan penetapan lokasi, kebutuhan pemeliharaan / pengelolaan dalam penyelenggaraan terminal.
    16. Penyiapan dan menyampaikan laporan kegiatan dibidang tugasnya.
    17. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

 

  • Seksi Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana

Seksi Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana dipimpin oleh seorang Kepala Seksi. Tugas pokok Seksi Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana melaksanakan sebagian tugas Bidang Perhubungan Darat dibidang keselamatan teknik sarana dan prasarana.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, seksi Seksi Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana menyelenggarakan fungsi :

    1. Pelaksanaan penyiapan pelayanan standar batas maksimum dan pengendalian kelebihan muatan.
    2. Pelaksanaan penyiapan dan survey batas maksimum berat kendaraan angkutan barang.
    3. Pelaksanaan pengendalian dan pengawasan penyelenggaraan pengangkutan orang,  barang dan angkutan khusus dalam kota.
    4. Pelaksanaan penyiapan pengujian kendaraan bermotor secara berkala sesuai dengan      peraturan perundang-undangan yang berlaku didalam wilayah kota.
    5. Pelaksanaan pemeriksaan kendaraan bermotor dijalan sesuai kewenangannya.
    6. Pelaksanaan penyidikan pelanggaran Peraturan Daerah dibidang LLAJ, pemenuhan persyaratan teknis dan Laik Jalan, Pelanggaran ketentuan pengujian berkala dan Perizinan Angkutan.
    7. Pelaksanaan penyiapan penyusunan, penetapan dan analisis daerah rawan kecelakaan serta program penanggulangan kecelakaan lalu lintas.
    8. Pelaksanaan bimbingan penyuluhan keselamatan serta menyelenggarakan pemilihan awak kendaraan umum teladan (AKUT) tingkat kota.
    9. Pelaksanaan penyiapan proses pemberian izin dan pembinaan bengkel umu kendaraan bermotor di dalam wilayah kota.
    10. Penyiapan dan menyampaikan laporan kegiatan dibidang tugasnya.
    11. Pelaksaanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

Cari Berita


Cuaca
Pengunjung
  • Hari ini : 9
  • Bulan ini : 272
  • Keseluruhan : 16255
Kalender


Poling
Apakah anda puas terhadap informasi yang disajikan dalam website ini ?






DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA TANJUNGPINANG.
Copyright © 2012 Pusat Data dan Informasi Sekretariat
DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA TANJUNGPINANG
Jl. KIJANG LAMA No.85. Kel. MELAYU KOTA PIRING, Kec. TANJUNGPINANG TIMUR - TANJUNGPINANG 29123 - K E P U L A U A N R I A U
Telp. (0771) 311773. Email: admin@dishub.tanjungpinangkota.go.id
Copyright © 2012-2017 Pusat Data dan Informasi Sekretariat